Rabu, 27 Juni 2012

KK & Akte Kelahiran

Diposkan oleh Nova Lumar di 13.36
16 Juni 2012 kemaren kelar juga ngurus KK, alhamdulillah 1 utang pun lunas ngga ada lagi beban mikirin kartu keluarga dan akte kelahiran baby Queen. Insya Allah minggu depan udah bisa diambil di kantor catatan sipil kota *joget2*

nah...kali ini mau posting tentang lampiran yg mesti dibawa saat pengurusan KK & Akte Kelahiran
untuk KK dulu yah;
  1. Ngambil form pengajuan pembuatan kartu keluarga & form biodata penduduk di capil, untuk form biodatanya dicopy sebanyak nama anggota keluarga yang bakal masuk dalam daftar kk tsb. kemaren ngopy 3lbr plus asli totalnya 4lbr (suami, istri dan 2org anak). formnya gratis
  2. jangan lupa ngambil surat pengantar dari kepala RT, berhubung opa nya Diva & Queen adalah RT jd ngga pusing lagi. tinggal minta aja ama papaku :D. oiya surat pengantar nya minta sekalian buat pembuatan akte kelahiran juga, jd sekalian 1 surat pengantar buat 2 keperluan *irit kertas :P
  3. trz ke kantor kelurahan, dikantor lurah form yg udah kita isi bakal di tanda tangan ama Pak Lurah plus cap kelurahan pada tiap2 lembar. ada biaya administrasinya 10k idr.
  4. kelar di kelurahan lanjut ke kantor camat, dikantor camat form nya bakal di cek lagi. trz di tanda tangan ama kepala bagian pemerintahan plus cap kecamatan.
  5. dari kantor camat formnya udah bisa langsung dibawa di capil, selain form dilampirkan juga ; copy buku nikah, copy akte kelahiran anak masing2 1lbr dan asli kartu keluarga lama. berhubung akte Queen blm ada jd baru melampirkan akte kelahiran Diva.
  6. di capil kita ke loket pendaftaran buat masukan semua berkas, pastinya bakal diperiksa dulu kelengkapanya. klo udah lengkap kita diminta bayar biaya admin nya 30k idr trz dikasih deh bukti pembayaran. bukti pembayaran ngga boleh hilang krn klo mau ngambil KK yg baru mesti nunjukin bukti pembayaran ini.
  7. done
 selanjutnya buat akte kelahiran
  1. ngambil form pembuatan kelahiran di capil, gratis. formnya diisi lengkap, klo ngga lengkap pastinya bakal dikembalikan.
  2. melampirkan :
  • Copy buku nikah
  • copy kartu keluarga lama
  • surat keterangan lahir asli 
  • NIK anak, yg ini ambilnya di capil
  • copy KTP ayah, ibu, saksi 1 & 2, pelapor
saksi 1 isi nama papaku
saksi 2 nama mama ku
pelapor yg bertanda tangan di form sy isinya nama adik ku Novi


oiya hampir lupa hampir lupa krn dalam pembuatan akte kelahiran dibutuhkan NIK *jgn tanya kepanjangannya yah eike ngga tau soalnya :P* jadi mesti nunggu NIK baby Queen dari capil dulu. nah NIK nya baru bisa diambil 3 hari setelah form pengajuan pembuatan KK dimasukan.
klo berkasnya lengkap, dimasukkan ke unit pelayanan 1 pintu dinas perijinan kota. nanti dikasih bukti penyerahan berkas, bukti ini ditunjukkan saat mau ngambil akte kelahiran nanti. btw klo di palu nyetor formnya di dinas perijinan yah, ngga tau klo daerah lain. tanpa biaya admin, alias gratis.
akte kelahiran bisa diambil 2 minggu setelah berkas dimasukkan dan ngambilnya barengan ama KK di capil.


mudah gampang ngga ribet plus ngga dipersulit sama sekali. alhamdulillah
minggu depan kartu keluarga baru yg udah ada nama baby Queen udah bisa diambil plus Akte Kelahiran nya pastinya. legaaa...

0 komentar

 

The Lumar's Copyright © 2009 Blue Glide is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Journal